KATA PENGANTAR
Puji
syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan anugerah dan nikmat-Nya sehingga Makalah yang berjudul “Perbandingan Administrasi Negara Inggris, Amerika dan
Prancis” terselesaikan. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas personal mata kuliah Perbandingan Administrasi Negara dengan dosen
pengampu Ibu Artha Dini Akmal, S.Ap. M.PA dengan tujuan sebagai tugas akhir.
Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada dosen pengampu yang telah menjelaskan tentang materi perkuliahan sehingga sangat membantu dalam penyusunan makalah ini. Tak
lupa pula penulis mengucapkan segenap rasa terima
kasih kepada teman-teman yang telah memberikan dukungan dan
semangat.
Dalam penulisan
makalah ini tidak tertutup kemungkinan adanya kekurangan baik dari segi
penulisan, sajian materi dan bahasa yang digunakan. Untuk itu penulis sangat mengharapkan saran dan
menerima kritikan yang bersifat membangun untuk perbaikan di masa yang akan
datang.
Akhirnya,
semoga makalah ini bisa menjadi referensi bagi penulis
dan rekan-rekan semester 7 dalam pembelajaran Permbandingan
Administrasi Negara di dalam kelas.
Pariaman, 20 Januari
2015
Penulis,
Sahdat Hidayat
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................. i
DAFTAR ISI ................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................ 1
A.
Latar belakang
........................................................................................... 1
B. Rumusan
masalah
..................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN .............................................................................. 2
A. Sistem
Administrasi Negara Inggris .......................................................... 2
B. Sistem
Administrasi Negara Amerika ........................................................ 12
C. Sistem
Administrasi Negara Prancis
.......................................................... 27
BAB III PENUTUP ....................................................................................... 38
A.
Kesimpulan
................................................................................................ 38
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Untuk
mengetahui bagaimana sistem administrasi negara-negara maju maka dari itu kami
membahas tentang administrasi negara maju diantaranya Negara Inggris, Amerika
dan Prancis serta mencari perbandingan-perbandingan dari sistem administrasi
negara-negara tersebut, seperti bagaimana bentuk sistem pemerintahan,
insfrastruktur yang mempengaruhi sistem administrasi negara dan lain
sebagainya.
Inggris
dikenal sebagai induk parlementaria dan pelopor dari sistem parlementer.
Inggris yang pertama kali menciptakan suatu parlemen workable. Artinya suatu
perlemen yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu yang mampu bekerja memecahkan
masalah sosial ekonomi kemasyarakatan.
Amerika
adalah sebuah republik konstitusional federal, dimana Presiden (kepala negara
dan kepala pemerintahan), kongres dan lembaga peradilan berbagi kekuasaan yang
melekat pada pemerintah nasional dan pemerintah federal bebagi kedaulatan
dengan pemerintah-pemerintah negara bagian.
Prancis
merupakan Negara Republik Kesatuan. Sistem pemerintahan negara ini menganut
sistem pemerintahan semi presidensial dengan tradisi demokrasi yang kuat. Dalam
cabang eksekutif terdapat dua pemimpin, yakni dikepalai oleh Presiden yang
dipilih dalam pemilu untuk masa jabatan 5 tahun, dan Perdana Menteri yang
ditunjuk oleh Presiden, dan Perdana Menteri juga memimpin Dewan Menteri atau
Kabinet.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana
sistem administrasi Negara Inggris
2. Bagaimana
sistem administrasi Negara Amerika
3. Bagaimana
sistem administrasi Negara Prancis
BAB II
PEMBAHASAN
A. Negara Inggris
· Letak
dan luas
Secara
astronomis Inggris terletak diantara 50º LU – 60º LU dan 8 BBº – 2º BT. Secara
geografis terletak di sebelah barat daratan Eropa. Meninjau dari lingkup yang
lebih luas lagi, letaknya sangat strategis karena berada di jalur transportasi
dan perdagangan antara Eropa dan benua Amerika.Luas Inggris ±244.820 Km².
Batas-batas wilayah negara
Inggris:
Sebelah utara : Samudra Atlantik
Sebelah selatan : Selat Inggris
Sebelah timur : Laut utara
Sebelah barat : Samudra Atlantik.
Sebelah selatan : Selat Inggris
Sebelah timur : Laut utara
Sebelah barat : Samudra Atlantik.
·
Penduduk
Jumlah
penduduk 60.000.000 jiwa.Kepadatan mencapai 240 jiwa / km2.Karena wilayah
Inggris relatif kecil (± 244.820 Km²) dibandingkan dengan jumlah penduduknya,
maka Inggris merupakan salah satu negara terpadat penduduknya. Kepadatan
penduduknya cukup tinggi yaitu mencapai 241 jiwa/Km².Penduduk asli di Inggris
disebut orang Inggris yaitu bangsa Kelt (Skot, Irlandia, Welsh) dan bangsa
Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, Norman). Agama yang dianut Kristen (86,9
%), (8,8 %) Islam, Yahudi, Hindu.
· Bentuk Negara dan Pemerintahan
Inggris adalah sebuah negara
kesatuan (Unitary State) dengansebutan United Kingdom yang terdiri dari:
England, Wales, dan IrlandiaUtara.Pemerintahannya berbentuk Monarki dan sistem
kenegaraan yangterdesentralisasi.
· Sistem Pemerintahan
Negara Inggris menganut sistem
pemerintahanparlementer dimana kekuasaan pemerintah terdapat pada perdana
menteriyang dibantu oleh menteri (bisa juga disebut kabinet).
Sedangkankekuasaan sebagai kepala negara berada di tangan Ratu dan
Mutlak.Seperti teori dari sistem pemerintahan parlementer, Ratu tidakmempunyai
kekuasaan politik karena Ratu hanya berperan sebagai simbolkedaulatandan
persatuan negara.
· Sistem Politik
Negara yang terbentuk pada 1 Mei 1707 ini
menerapkan sistem pemerintahan parlementer dengan bentuk pemerintahan monarki
konstitusional (monarki parlementer). Kekuasaan legislatifberada di tangan
parlemen atau biasa disebut House of commons dan House of Lords. Di negara ini
yang berhak untuk membubarkan parlemen adalah badan eksekutif yang anggotanya
terdiri dari Raja/Ratu. Negara Inggris ini juga menerapkan sistem dua partai
(two party system), yaitu partai konservatif dan partai buruh. Kedua partai ini
selalu bersaing, jika satu partai berkuasa maka partai lain sebagai oposisi.
Pemerintahan Inggris : Legislatif House of Commons
dan House of Lords Eksekutif Ratu atau Kerajaan Britania Raya, Yudikatif
Mahkamah Agung Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Mahkota.
House of Lords anggotanya sekitar 1200 orang yang
terdiri dari Uskup Agung gereja Inggris, para keluarga bangsawan, serta
orang-orang yang dianggap berjasa terhadap negara. House of Commons anggotanya
berjumlah sekitar 659 orang yang dipilih dengan equal size districts (sistem
distrik dengan porsi yang sama). Masa tugasnya selama 5 tahun. Atas dasar
kebutuhan politik, Perdana Menteri akan menetapkan pemilihan dan jika kabinet
mendapat mosi tidak percaya atau gagal, maka kabinet tersebut harus membubarkan
diri. Partai yang memenangkan pemilu berhak untuk membentuk kabinet.
Mahkamah Agung merupakan badan peradilan yang
ditunjuk oleh kabinet namun dalam menjalankan tugasnya mereka menjalankan
peradilan yang bebas dan tidak memihak.Dewan Rakyat (House of Commons) Dewan
Rakyat (bahasa Inggris: House ofCommons) adalah majelis rendah Parlemen
Britania Raya,yang juga berisi Raja dan Dewan rakyat (majelis tinggi).Dewan
rakyat dan Dewan bangsawan bersidang di IstanaWestminster. Dewan rakyat adalah
badan yang terdiri dari 646 ahli. Mereka dipilih secara demokrasi dan dikenal
sebagai"Anggota Parlemen" atau AP. Anggota parlemen dipilih melalui
sistem pemilihan majemuk, oleh daerah-daerah pemilihan yang dikenal sebagai
kawasan pemilihan umum,dan menjabat kursi mereka hingga Parlemen dibubarkan
(maksimum lima tahun).
· Sistem Hukum
Sistem hukum yang berkembang selama berabad-abad
adalah dasar dari sistem hukum umum yang digunakan di sebagian besar
negara-negara Persemakmuran dan Amerika Serikat (kecuali Louisiana). Meskipun
telah menjadi negara bagian dari Britania Raya, sistem hukum Pengadilan Inggris
dan Wales tetap digunakan. Berdasarkan Perjanjian Kesatuan, sistem hukum yang
digunakan di Inggris dan Wales terpisah dengan sistem hukum yang digunakan di
Skotlandia. Esensi umum dari hukum Inggris adalah bahwa hukum dibuat oleh hakim
yang berkedudukan di pengadilan, yang menerapkannya menurut akal sehat dan
pengetahuan mereka. Sistem pengadilan dikepalai oleh Pengadilan Senior Inggris
dan Wales, yang terdiri dari Pengadilan Tinggi, Pengadilan Tinggi Kehakiman
untuk kasus perdata, dan Pengadilan Mahkota untuk kasus pidana. Sedangkan
Mahkamah Agung Britania Raya merupakan lembaga peradilan tertinggi untuk
kasus-kasus perdata maupun pidana di Inggris danWales. Mahkamah ini dibentuk
pada tahun 2009 setelah perubahan konstitusi, yangmengambil alih fungsi
yudisial dari House of Lords Keputusan dari Mahkamah Agung ini mengikat setiap
pengadilan lainnya dalam hierarki dan harus sesuai dengan petunjuknya.
·
Pembagian Administrasi
Subdivisi
pemerintahan daerah di Inggris terdiri dari empat tingkat divisi administratif
yang dikendalikan oleh berbagai tipe entitas administratif dan diciptakan
dengan tujuan kepemerintahan daerah. Tingkat tertinggi dari pemerintahan daerah di
Inggris terdiri dari sembilan wilayah,
yakni: Inggris Timur Laut,
Inggris Barat Laut,
Yorkshire dan Humber,
Midlands Timur,
Midlands Barat,
Inggris Timur,
Inggris Tenggara,
Inggris Barat Daya,
dan London. Pembagian ini ditetapkan pada
tahun 1994 dengan status sebagai Region Kantor Pemerintahan (Government
Office Region) untuk mendistribusikan berbagai kebijakan dan program
regional Pemerintah Britania Raya, namun tidak ada badan-badan terpilih yang
didelegasikan pada tingkat ini, kecuali di London. Kemudian pada tahun 2011,
status Kantor Pemerintahan ini dihapuskan. Meskipun demikian, batas-batas yang
sama tetap digunakan sebagai daerah pemilihan anggota Parlemen Eropa secara regional.
Setelah devolusi, ada
rencana untuk menciptakan sebuah majelis regional tersendiri di masing-masing
region di Inggris. Rencana ini diwujudkan melalui referendum. London menyetujui
referendum pada tahun 1998. Dua tahun kemudian, Majelis London dibentuk. Namun, ketika usulan
tersebut ditolak oleh referendum devolusi
Inggris utara 2004
di Inggris Timur Laut,
rencana tersebut akhirnya dibatalkan.[88] Majelis regional di luar London
dihapuskan pada tahun 2010, dan fungsinya dialihkan menjadi Badan Pembangunan
Regional dan
sebuah sistem baru dari badan otoritas daerah.
Di bawah tingkat
regional, Inggris dibagi menjadi 48 county seremonial.[110] Pembagian ini digunakan khususnya
sebagai kerangka acuan geografis dan telah dikembangkan secara bertahap sejak Abad Pertengahan, ada juga beberapa county
yang didirikan baru-baru ini pada tahun 1974. Masing-masing county
memiliki seorang Lord Lieutenant
dan High Sheriff;
jabatan ini dimaksudkan untuk mewakili Monarki Britania Raya lokal. Di luar London Raya dan Isles of Scilly, Inggris juga terbagi menjadi 83
county metropolitan
dan non-metropolitan, pembagian ini sesuai dengan kawasan yang digunakan untuk
kepentingan kepemerintahan daerah, dan county-county ini bisa
saja terdiri dari satu ataupun banyak distrik.
Terdapat enam county
metropolitan berdasarkan wilayah perkotaan yang berpenduduk paling padat, county-county
ini tidak memiliki Dewan County. Di wilayah ini, otoritas utama dipegang
oleh dewan subdivisi, yaitu borough metropolitan.
Sedangkan di wilayah lain, 27 county non-metropolitan "shire"
memiliki dewan county dan terbagi menjadi beberapa distrik, masing-masing
distrik juga memiliki Dewan Distrik. County-county ini biasanya
(meskipun tidak selalu) terdapat di kawasan perdesaan. County
non-metropolitan yang selebihnya terdiri dari satu distrik dan biasanya merupakan sebuah
kota kecil atau county yang berpenduduk jarang, county ini dikenal
sebagai otoritas kesatuan (unitary authorities).
London Raya memiliki sistem pemerintahan daerah yang berbeda; dengan 32 borough London, ditambah City of London yang mencakup kawasan kecil di
pusat London dan diatur oleh Korporasi City of London. Pada tingkat pemerintahan daerah terendah, Inggris
terbagi menjadi paroki-paroki sipil yang masing-masingnya
memiliki dewan paroki tersendiri. Paroki-paroki ini tidak terdapat di London Raya.
· Pendidikan
Departemen Pendidikan adalah departemen pemerintah
yang bertanggungjawab untuk masalah-masalah yang mempengaruhi hajat hidup orang
banyak di Inggris sampai dengan usia 19 tahun, termasuk pendidikan.
Sekolah-sekolah negeri dihadiri oleh sekitar 93% pelajar di Inggris. Dari
jumlah tersebut, terdapat minoritas sekolah-sekolah keagamaan, terutama sekolah
Katolik dan Gereja Inggris. Anak-anak yang berusia antara tiga dan empat tahun
menghadiri TK, 4 sampai 11 tahun menghadiri sekolah dasar, dan usia 11 sampai
16 tahun menghadiri sekolah menengah. Setelah menyelesaikan wajib belajar, siswa
mengikuti ujian GCSE. Setelah itu mereka bisa memutuskan untuk melanjutkan
pendidikan lanjutan selama dua tahun. Pendidikan lanjutan ini ada yang terpisah
ataupun menyatu dengan institusi-institusi sekolah menengah yang mempersiapkan
para siswa dalam mengikuti ujian A-Level untuk masuk ke universitas. Meskipun
sebagian besar sekolah menengah di Inggris adalah sekolah komprehensif, di
beberapa daerah juga terdapat sekolah grammar yang selektif. Sektar 7,2%
pelajar di Inggris menghadiri sekolah swasta yang didanai oleh swasta. Standar
di sekolah negeri dipantau oleh Kantor Standar Pendidikan, sedangkan di sekolah
swasta dipantau oleh Inspektorat Sekolah Independen.
Pendidikan di Inggris Siswa biasanya melanjutkan ke
jenjang universitas pada usia 18 tahun lebih, di mana mereka belajar untuk
meraih gelar akademik. Ada lebih dari 90 universitas di Inggris. Departemen
untuk Bisnis, Inovasi dan Keterampilan adalah departemen pemerintah yang
bertanggung jawab untuk permasalahan pendidikan tinggi di Inggris. Tingkat pertama
yang ditawarkan kepada mahasiswa adalah gelar sarjana, biasanya lama
pendidikannya tiga tahun. Lulusan yang memenuhi syarat kemudian diperbolehkan
mengambil gelar pasca sarjana dan Master, yangmembutuhkan waktu satu tahun,
serta gelar Doktor (tiga tahun). Beberapa universitas di Inggris merupakan
universitas dengan peringkat tertinggi di dunia. Universitas Cambridge,
Imperial College London, Universitas Oxford dan University College London
adalah beberapa dari 10 universitas dengan peringkat teratas di dunia
berdasarkan Peringkat Universitas Dunia THE-QS.
Pendidikan di Inggris
diawasi oleh Departemen Pendidikan dan Departemen untuk Bisnis, Inovasi dan
Keterampilan . Pada tingkat lokal, pemerintah lokal bertanggung jawab untuk
menerapkan kebijakan untuk pendidikan umum dan sekolah-sekolah negeri.
Penuh-waktu pendidikan
adalah wajib untuk semua anak berusia antara 5 dan 16. Siswa kemudian dapat
melanjutkan studi sekunder mereka selama dua tahun lebih lanjut ( bentuk keenam
), terkemuka yang paling biasanya ke A level kualifikasi, meskipun kualifikasi
lainnya dan kursus ada, termasuk Bisnis dan Teknologi Dewan Pendidikan (BTEC)
kualifikasi dan International Baccalaureate. Usia meninggalkan pendidikan wajib
diangkat ke 18 oleh Pendidikan dan Keterampilan Undang-Undang 2008 . Perubahan
akan berlaku pada tahun 2013 untuk 16-year-olds dan 2015 untuk 17-year-olds.
Negara-disediakan sekolah gratis kepada siswa, dan ada juga tradisi sekolah
independen, tetapi orang tua dapat memilih untuk mendidik anak-anak mereka
dengan cara apapun yang cocok.
Pendidikan
tinggi biasanya dimulai dengan 3-tahun Sarjana . Derajat pasca sarjana meliputi
Gelar Guru, baik diajarkan atau dengan penelitian, dan Doctor of Philosophy, gelar
penelitian yang biasanya memakan waktu setidaknya tiga tahun. Universitas
memerlukan piagam Kerajaan untuk masalah derajat, dan semua kecuali satu yang
'dibiayai' oleh negara dengan tingkat 'rendah' biaya, meskipun ini meningkat,
untuk rumah dan Uni Eropa siswa.
·
Ilmu pengetahuan dan
teknologi
Subdivisi
pemerintahan daerah di Inggris terdiri dari empat tingkat divisi administratif
yang dikendalikan oleh berbagai tipe entitas administratif dan diciptakan
dengan tujuan kepemerintahan daerah. Tingkat tertinggi dari
pemerintahan daerah di Inggris terdiri dari sembilan wilayah, yakni: Inggris Timur Laut, Inggris Barat Laut, Yorkshire dan Humber, Midlands Timur, Midlands Barat, Inggris Timur, Inggris Tenggara, Inggris Barat Daya, dan London. Pembagian ini ditetapkan pada
tahun 1994 dengan status sebagai Region Kantor Pemerintahan (Government
Office Region) untuk mendistribusikan berbagai kebijakan dan program
regional Pemerintah Britania Raya, namun tidak ada badan-badan terpilih yang
didelegasikan pada tingkat ini, kecuali di London. Kemudian pada tahun 2011,
status Kantor Pemerintahan ini dihapuskan. Meskipun demikian, batas-batas yang
sama tetap digunakan sebagai daerah pemilihan anggota Parlemen Eropa secara regional.
Setelah
devolusi, ada rencana untuk menciptakan sebuah majelis regional tersendiri di
masing-masing region di Inggris. Rencana ini diwujudkan melalui referendum.
London menyetujui referendum pada tahun 1998. Dua tahun kemudian, Majelis London dibentuk. Namun, ketika usulan
tersebut ditolak oleh referendum devolusi
Inggris utara 2004
di Inggris Timur Laut, rencana tersebut akhirnya
dibatalkan. Majelis regional di luar London dihapuskan pada tahun 2010, dan
fungsinya dialihkan menjadi Badan Pembangunan
Regional
dan sebuah sistem baru dari badan otoritas daerah.
Di
bawah tingkat regional, Inggris dibagi menjadi 48 county seremonial.[110] Pembagian ini digunakan
khususnya sebagai kerangka acuan geografis dan telah dikembangkan secara
bertahap sejak Abad Pertengahan, ada juga beberapa county
yang didirikan baru-baru ini pada tahun 1974. Masing-masing county
memiliki seorang Lord Lieutenant dan High Sheriff; jabatan ini dimaksudkan untuk mewakili Monarki Britania Raya lokal. Di luar London Raya dan Isles of Scilly, Inggris juga terbagi menjadi 83
county metropolitan dan non-metropolitan,
pembagian ini sesuai dengan kawasan yang digunakan untuk kepentingan
kepemerintahan daerah, dan county-county ini bisa saja terdiri
dari satu ataupun banyak distrik.
Terdapat
enam county metropolitan berdasarkan wilayah perkotaan yang berpenduduk
paling padat, county-county ini tidak memiliki Dewan County. Di
wilayah ini, otoritas utama dipegang oleh dewan subdivisi, yaitu borough metropolitan. Sedangkan di wilayah lain, 27 county
non-metropolitan "shire" memiliki dewan county dan terbagi menjadi
beberapa distrik, masing-masing distrik juga memiliki Dewan Distrik. County-county
ini biasanya (meskipun tidak selalu) terdapat di kawasan perdesaan. County
non-metropolitan yang selebihnya terdiri dari satu distrik dan biasanya merupakan
sebuah kota kecil atau county yang berpenduduk jarang, county ini
dikenal sebagai otoritas kesatuan (unitary authorities).
London Raya memiliki sistem pemerintahan daerah yang berbeda; dengan 32 borough London, ditambah City of London yang mencakup kawasan
kecil di pusat London dan diatur oleh Korporasi City of London. Pada tingkat pemerintahan daerah
terendah, Inggris terbagi menjadi paroki-paroki sipil yang masing-masingnya
memiliki dewan paroki tersendiri. Paroki-paroki ini tidak terdapat di London Raya.
·
Kesehatan
National Health
Service (NHS)
adalah lembaga kesehatan pemerintah yang didanai oleh publik di Inggris. Lembaga
ini bertanggung jawab untuk menyediakan sebagian besar pelayanan kesehatan di
negara ini. NHS ini didirikan pada tanggal 5 Juli 1948 melalui National Health Service Act 1946 setelah adanya Laporan Beveridge
mengenai kesehatan di Britania Raya yang diteliti oleh ekonom William Beveridge.
Dalam pengoperasiannya,
NHS sebagian besar didanai dari pajak umum, termasuk pembayaran Asuransi
Nasional.[158]
Hampir keseluruhan layanan yang disediakan oleh NHS ini tidak dipungut bayaran
sama sekali, meskipun beberapa layanan seperti pemeriksaan mata, perawatan
gigi, resep, dan perawatan pribadi juga dipungut bayaran khusus.
Departemen pemerintah
yang mengelola NHS adalah Departemen Kesehatan. Departemen ini dipimpin oleh Sekretaris Negara untuk Kesehatan yang duduk di Kabinet Britania
Raya. Total
anggaran Departemen Kesehatan yang dikeluarkan untuk mendanai NHS pada tahun
2008–2009 adalah sekitar £98,6 miliar. Dalam beberapa tahun terakhir,
sektor swasta juga telah berkembang dan menyediakan layanan kesehatan yang
lebih banyak dari pada
NHS, namun hal ini ditentang oleh dokter dan serikat pekerja di Inggris.
Rata-rata harapan hidup penduduk Inggris adalah 77,5
tahun untuk pria dan 81,7 tahun untuk wanita, yang tertinggi dibandingkan
dengan tiga negara Britania lainnya.
·
Perekonomian
Sektor perekonomian penting di
Inggris antara lain: industri, pertambangan, pertanian, peternakan, perikanan.
1. Perindustrian
Pada sektor industri, Inggris telah lama berkembang dan termasuk Negara terkemuka di Eropa. Jenis industri penting dan merupakan produk ekspor Inggris, yaitu baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil, pesawat terbang, alat pertanian, barang elektronika.
Pada sektor industri, Inggris telah lama berkembang dan termasuk Negara terkemuka di Eropa. Jenis industri penting dan merupakan produk ekspor Inggris, yaitu baja, kapal laut, mobil, kereta api, tekstil, pesawat terbang, alat pertanian, barang elektronika.
2. Pertambangan
Inggris memiliki deposit batu bara dalam jumlah besar. Pusat-pusat penambangan batu bara di Skotlandia, yaitu: Lanarkshire, Pegunungan Pennine (Pegunungan Cumberland, Northumberland, dan Durham) di Newcastle dan sekitarnya, Stafford (Voncentry Selatan), Pegunungan Cambrian Selatan (Swansea-Rhondda), dan Wales Selatan.
Inggris memiliki deposit batu bara dalam jumlah besar. Pusat-pusat penambangan batu bara di Skotlandia, yaitu: Lanarkshire, Pegunungan Pennine (Pegunungan Cumberland, Northumberland, dan Durham) di Newcastle dan sekitarnya, Stafford (Voncentry Selatan), Pegunungan Cambrian Selatan (Swansea-Rhondda), dan Wales Selatan.
3. Pertanian,
Peternakan dan Perikanan
Hasil-hasil
pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan yang penting di Inggris adalah
kentang dan sayur mayor terdapat di Lancashire, gandum, barley, dan bit gula
terdapat di Pegunungan Anglia Timur, Kent, Worcester, dan Devon. Susu dan
mentega terdapat di England, Ternak babi dengan ayam terdapat di Yorkshire dan
Lancashire.Hasil hutan terdapat di England, Wales, Skotlandia, dan Irlandia.
Ikan haring dan cod terdapat di perairan laut utara dan Samudra Atlantik.
4. Perdagangan
Barang-barang ekspor Inggris adalah mesin-mesin, barang kimia, wol, tekstil, sintesis, mobil, truk, plat-plat baja, lokomotif, pesawat terbang, mesin pertanian, dan alat-alat elektronik. Sedangkan barang-barang impornya adalah minyak bumi, kapas, karet, tembakau, belerang, dan biji besi.
Barang-barang ekspor Inggris adalah mesin-mesin, barang kimia, wol, tekstil, sintesis, mobil, truk, plat-plat baja, lokomotif, pesawat terbang, mesin pertanian, dan alat-alat elektronik. Sedangkan barang-barang impornya adalah minyak bumi, kapas, karet, tembakau, belerang, dan biji besi.
·
Pariwisata
Ada 10
tempat pariwisata terkenal yang sering di kunjungi di inggris :
1.
Stonehenge
Stonehenge adalah salah satu situs prasejarah yang
paling penting di dunia. monumen itu digunakan sebagai pusat upacara atau
agama.
2.
Lake
District
Terletak
di utara barat Inggris di county Cumbria, Lake District adalah Taman Nasional
terbesar di negara ini.Tempat wisata di Inggris Ini adalah tujuan utama bagi
yang ingin melakukan aktivitas hiking dan mendaki di Inggris
3.
The
Cotswolds
The
Cotswolds mengacu pada berbagai perbukitan di selatan tengah Inggris, kisaran
utama mencapai 330 meter (1083 kaki) di ketinggian pada titik tertinggi. The
Cotswolds adalah tempat wisata di Inggris yang sangat populer, apalagi jaraknya
tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh dari London dan beberapa pusat perkotaan
Inggris lainnya.
4.
Big Ben
Menara
Jam Big Ben yang berusia 150 tahun adalah salah satu atraksi utama London.
Menara Jam ini telah menjadi simbol dari Inggris dan London dan telah menjadi
salah satu tempat wisata di Inggris yang paling sering di kunjungi.
5.
Hadrian's
Wall
Tembok Hadrian dibangun oleh bangsa Romawi untuk melindungi bangsa koloni
Britannia dari suku di Skotlandia. Tembok ini membentang 117 kilometer (73 mil)
di utara Inggris dari Laut Irlandia ke Laut Utara.Ada jalan nasional yang
mengikuti seluruh panjang dinding dari Wallsend ke Bowness-on-Solway
6.
Tower
of London
Menara London Sekarang menjadi rumah bagi Crown Jewels Inggris, Tower of
London dulunya adalah berfungsi sebagai penjara dari 1100 ke pertengahan abad
kedua puluh.
7. Warwick Castle
Awalnya bangunan ini terdiri dari struktur kayu yang dibangun oleh William
Sang Penakluk pada 1068, Warwick Castle dibangun kembali menjadi bangunan yang
terbuat dari batu di abad ke-12.
8. York Minster
Bangunan ini Salah satu katedral Gothic terbesar di Eropa Utara (selain
Katedral Cologne di Jerman), York Minster mendominasi langit kota kuno York.
York Minster menggabungkan semua tahapan utama pembangunan arsitektur Gothic di
Inggris.
9. Durham Cathedral
Durham Cathedral, di kota Durham di timur laut Inggris, bangunan Norman ini
adalah yang terbesar di Inggris dan bahkan mungkin di Eropa.
10. Windsor Castle
Windsor Castle sering disebut
sebagai benteng terbesar dan tertua di dunia. Benteng ini adalah salah satu
tempat tinggal resmi Ratu Elizabeth II yang menghabiskan banyak akhir pekan di
benteng,dan menggunakannya untuk kegiatan Negara.
·
Ideologi
Negara inggris pernah menggunakan beberapa ideologi yaitu Marxisme dan fasisme. Ideologi politik dan ekonomi yang menekankan pentingnya
perjuangan kelas dalam masyarakat merupakan ideologi marxisme. dan Sebuah paham
politik yang mengangungkan kekuasaan absolut tanpa demokrasi dan
ultrasinalisme, menjalankan sesuatu dengan fanatik yang tinggi dan otoriter dalam pemerintahan merupakan Ideologi Fasisme.
B. Negara Amerika
·
Letak dan luas
Amerika adalah benua
terbesar kedua yang terletak di belahan bumi sebelah Barat. Secara astronomis,
benua ini terletak antara ± 80°LU - 56°LS dan ±170°BB – 36°BB. Bentuk
wilayahnya yang memanjang ini seolah-olah menghubungkan daerah Kutub Utara
dengan Kutub Selatan. Luas
wilayah daratannya mencapai ± 41.825.581 km² atau sekitar 28,1% dari seluruh
luas wilayah daratan dunia.
Batas-batas wilayah negara
Amerika Serikat :
Sebelah Utara : Laut Arktik dan kawasan Kutub
Utara
Sebelah Timur : Samudra Atlantik
Sebelah Barat : Samudra Pasifik.
Sebelah selatan : Samudra Pasifik.
·
Penduduk
Amerika
Serikat memiliki lebih dari 313.000.000
juta penduduk. Mereka mewakili hampir setiap ras, bahasa, dan bangsa dunia.
Banyak bagian dari Amerika Serikat dulu dikenal dengan karakteristik berbeda.
Misalnya, New England dahulu adalah rumah bagi orang Yankees yang pekerja keras
dan. Daerah Selatan terkenal dengan keanggunannya atau bahkan perbudakan,
sementara Barat terkenal sebagai daerah liar. Hari ini perbedaan itu telah
sangat memudar.
·
Bentuk
Negara dan Pemerintahan
Amerika Serikat adalah sebuah republik konstitusional federal, di mana Presiden (kepala negara dan kepala pemerintahan), Kongres, dan lembaga peradilan berbagi kekuasaan yang
melekat pada pemerintah nasional, dan pemerintah federal berbagi kedaulatan dengan pemerintah-pemerintah negara bagian.
Cabang eksekutif dikepalai oleh Presiden dan
tidak memiliki kebergantungan terhadap cabang legislatif. Kekuasaan legislatif
berada pada dua kamar Kongres, Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat. Cabang yudikatif (atau peradilan), terdiri atas Mahkamah Agung dan pengadilan-pengadilan federal yang lebih rendah kedudukannya,
menjalankan kekuasaan yudikatif (atau peradilan). Fungsi peradilan adalah untuk menafsirkan konstitusi dan hukum-hukum federal dan peraturan-peraturan yang berlaku di Amerika Serikat.
Hal ini termasuk menyelesaikan sengketa antara
cabang-cabang eksekutif dan legislatif. Susunan dan kedudukan pemerintah
federal dijelaskan di dalam konstitusi. Dua partai politik, Partai Demokrat dan Partai Republik, mendominasi politik di Amerika sejak perang saudara, meskipun partai-partai lain juga ada.
Terdapat dua perbedaan utama antara sistem politik
yang dijalankan di Amerika dan di sebagian besar negara-negara demokrasi maju lainnya. Hal ini meliputi bertambahnya kekuasaan
majelis tinggi di cabang legislatif, sebuah cakupan kekuasaan yang lebih luas
dipegang oleh Mahkamah Agung, pemisahan kekuasaan antara cabang legislatif dan eksekutif, dan dominasi dua partai politik.
Amerika Serikat adalah salah satu negara demokratis maju di dunia, di mana
partai-partai ketiga memiliki pengaruh politik yang kecil.
Entitas federal yang diciptakan oleh Konstitusi
Amerika Serikat adalah fitur dominan sistem pemerintahan Amerika. Tetapi,
sebagian besar rakyat menjadi subjek bagi pemerintah negara bagian, dan semuanya adalah subjek bagi berbagai unit
pemerintah daerah. Pemerintah daerah yang dimaksud adalah county (setara
kabupaten), munisipalitas, dan distrik khusus.
Tumpang tindihnya wilayah hukum ini mencerminkan
sejarah Amerika Serikat. Pemerintah federal diciptakan oleh negara-negara
bagian, sejak koloni-koloni didirikan secara terpisah dan memerintah wilayah masing-masing, merdeka
satu sama lain. Satuan-satuan pemerintah daerah diciptakan oleh koloni-koloni
untuk menjalankan fungsi-fungsi tertentu negara bagian. Seiring meluasnya
negara ini, pemerintah federal menganjurkan agar negara-negara bagian baru
meniru sistem yang telah ada.
warga negara bertanggung jawab
untuk memahami dan mendukung pemerintah, turut serta dalam pemilihan umum,
membayar pajak, dan menjalankan tugas kemiliteran (apabila negara meminta).
· Demokrasi: Pemerintah mampu memenuhi keinginan warga negara,
yang dapat mengubah wakil-wakilnya melalui pemilihan umum.
· Kesamaan
di depan hukum: Undang-undang tidak boleh
memuat perlakuan khusus bagi warga negara. Pegawai pemerintah juga menjadi
subjek hukum seperti masyarakat lainnya.
· Kebebasan berbicara: Pemerintah dilarang membatasi orang (melalui undang-undang/peraturan lain)
untuk mengemukakan pendapat selagi tidak memicu tindak kekerasan; pasar
pemikiran.
·
Pemerintahan negara bagian
Pemerintahan negara bagian
memiliki kekuasaan untuk membuat undang-undang pada semua subjek yang tidak
diberikan kepada pemerintah federal atau yang diserahkan kepada negara bagian
menurut konstitusi.
Kekuasaan-kekuasaan ini di antaranya pendidikan, hukum keluarga, kontrak, dan
sebagian besar hukum pidana. Tidak seperti pemerintah federal, yang hanya memiliki kekuasaan-kekuasaan
itu berdasarkan konstitusi, pemerintah negara bagian memiliki kekuasaan melekat
yang memungkinkannya bertindak, kecuali jika dibatasi oleh konstitusi nasional
atau ketentuan negara bagian.
Seperti pemerintah federal, pemerintah negara
bagian memiliki tiga cabang: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Kepala
eksekutif negara bagian adalah gubernur yang dipilih langsung oleh rakyat, yang biasanya
bertugas untuk masa bakti empat tahun (meskipun di beberapa negara bagian lain
hanya dua tahun). Kecuali untuk Nebraska, yang memiliki legislatif satu kamar, semua negara bagian memiliki
legislatif dua kamar, di mana biasanya majelis tinggi disebut Senat dan majelis rendah disebut Dewan Perwakilan Rakyat, badan deliberatif atau yang serupa dengannya. Di sebagian besar negara bagian, para senator
bekerja untuk masa bakti empat tahun, dan para anggota majelis rendah bekerja
untuk masa bakti dua tahun.
Konstitusi negara-negara bagian berbeda dalam
beberapa rinciannya, tetapi secara umum mengikuti pola yang sama dengan
konstitusi federal, termasuk pernyataan hak-hak rakyat dan rencana perlembagaan
pemerintah. Tetapi, konstitusi negara bagian lebih terperinci.
·
Pemerintahan daerah
Terdapat 89.500 pemerintah daerah, meliputi 3.033
kabupaten (county), 19.492 munisipalitas, 16.500 kota kecil, 13.000
distrik sekolah, dan 37.000 distrik khusus lainnya yang berkenaan dengan
perkara-perkara perlindungan kebakaran. Pemerintah daerah secara langsung
melayani kebutuhan-kebutuhan masyarakat, menyediakan segala hal dari kepolisian
dan perlindungan kebakaran sampai kepada kode-kode kebersihan (sanitarium),
peraturan kesehatan, pendidikan, angkutan umum, dan perumahan. Biasanya
pemilihan umum daerah bersifat nonpartisan pegiat daerah melepaskan keterkaitan
mereka terhadap partai politik ketika berkampanye dan memerintah.
·
Walikota-Dewan
Ini adalah bentuk tertua pemerintah kota di Amerika
Serikat, dan hingga awal abad ke-20, digunakan oleh hampir semua kota di
Amerika. Struktur ini seperti pemerintah nasional dan pemerintah negara bagian,
dengan wali kota terpilih sebagai kepala cabang eksekutif dan dewan terpilih
yang mewakili berbagai macam perkampungan yang membentuk cabang legislatif.
Walikota menunjuk kepala-kepala departemen kota dan pegawai-pegawai lainnya,
kadang-kadang harus memerlukan persetujuan dewan. Dia memiliki kekuasaan veto
di atas peraturan (undang-undang kota) dan seringkali bertanggung jawab
mempersiapkan anggaran kota. Dewan meloloskan peraturan kota, menetapkan
besaran pajak bangunan (propertas), dan membagi-bagi pendanaan berbagai
departemen kota. Seiring tumbuhnya kota-kota, sebuah kursi di dewan biasanya
mewakili lebih dari satu perkampungan.
·
Komisi
Ini memadukan fungsi-fungsi
legislatif dan eksekutif dalam satu kelompok kepegawaian, biasanya sebanyak
tiga orang atau lebih, dipilih oleh penduduk kota. Masing-masing anggota komisi
mengawasi dan mengendalikan kerja pada satu departemen kota atau lebih. Salah
satunya digelari ketua badan dan biasanya disebut wali kota, meskipun
kekuasaannya setara dengan anggota komisi lainnya.
·
Dewan-Pengelola
Pengelola kota adalah sebuah jawaban atas
meningkatnya kerumitan masalah-masalah perkotaan yang memerlukan kemampuan
pengurusan yang jarang dimiliki oleh pegawai-pegawai umum terpilih. Jawaban ini
meyakinkan sebagian besar kekuasaan eksekutif, termasuk pemberdayaan hukum dan
ketentuan pelayanan, kepada pengelola kota yang terlatih baik, berpengalaman,
dan profesional.
Rencana pengelola kota telah diterapkan oleh
sejumlah kota. Di bawah rencana ini, sebuah dewan terpilih yang berukuran kecil
membuat peraturan-peraturan kota dan menentukan kebijakan, tetapi merekrut
tenaga administrasi yang digaji, juga disebut pengelola kota, untuk
mengeluarkan keputusan. Pengelola menggambarkan anggaran kota dan
mengawasi/mengendalikan sebagian besar departemen. Biasanya, tidak ada istilah
himpunan; pengelola bekerja selama dewan merasa puas dengan kerjanya.
·
Pemerintahan county
County atau
setara dengan kabupaten adalah
pembagian wilayah Amerika Serikat di bawah negara bagian, kadang-kadang (tidak selalu)
berisi dua kota kecil atau lebih dan beberapa desa. Kota New York begitu luas, sehingga ia dibagi ke
dalam lima kawasan perkotaan (borough), masing-masing setara dengan county dengan hak-hak yang saling bebas. Di pihak lain, Arlington County, Virginia, county terkecil di Amerika Serikat, terletak di seberang Sungai Potomac dari Washington, D.C., kedua-duanya kawasan perkotaan
dan pinggiran kota, diperintah oleh sebuah administrasi county kesatuan.
Di kota-kota lain, pemerintah kota dan county digabungkan, menghasilkan
pemerintah kota-county terpadu.
·
Sistem
politik
Sistem partai politik modern di Amerika Serikat
adalah sistem dua
partai yang didominasi oleh Partai Demokrat dan Partai Republik. Kedua-dua partai ini memenangi setiap Pemilihan Presiden Amerika Serikat sejak tahun 1852 dan mengendalikan Kongres Amerika Serikat paling sedikit sejak tahun 1856. Beberapa partai
ketiga dari waktu ke waktu menerima
perwakilan yang relatif sedikit pada tataran nasional dan negara bagian.
Di antara dua partai besar, Partai Demokrat secara umum menempatkan dirinya
sebagai sayap kiri di
dalam politik Amerika dan mendukung prinsip liberalisme Amerika, sedangkan Partai Republik
secara umum menempatkan dirinya sebagai sayap kanan dan mendukung prinsip konservatisme Amerika.
Pemilihan umum
Tidak seperti Britania Raya dan sistem parlementer lainnya, rakyat Amerika Serikat menyalurkan suaranya kepada calon tertentu,
bukan memilih partai politik tertentu. Dengan sebuah pemerintah federal, para
pegawai dipilih di tataran federal (nasional), negara bagian, dan daerah. Pada
tataran nasional, presiden,
dipilih secara tidak langsung oleh rakyat, melalui Lembaga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Di masa modern, para anggota lembaga tersebut selalu
menyalurkan suaranya berdasarkan suara rakyat di masing-masing negara bagian.
Seluruh anggota Kongres, dan
kantor-kantor pada tataran negara bagian dan daerah dipilih secara langsung.
Undang-undang federal dan negara bagian sama-sama
mengatur pelaksanaan pemilihan umum. Konstitusi Amerika Serikat mendefinisikan (hingga ke perluasan mendasar) bagaimana pemilihan umum
federal dilaksanakan, dalam Artikel Satu dan Artikel Dua dan berbagai amandemen. Undang-undang negara bagian mengatur sebagian besar aspek hukum elektoral,
termasuk primary, kelayakan para pemilik suara (melebihi definisi
konstitusional dasar), jalannya lembaga pemilihan presiden di masing-masing
negara bagian, dan jalannya pemilihan umum di negara bagian daerah.
· Sistem Hukum
Membicarakan sistem hukum Amerika pada dasarnya
kita melihat lima puluh lebih sistem hukum yang berhubungan erat, namun sama
sekali tidak identik. Amerika Serikat menjadi sebuah federasi yang
tersusun dari negara-negara bagian yang sistem hukumnya berdiri sendiri-sendiri
dengan segala otoritasnya yang oleh Konstitusi Federal tidak diserahkan kepada
organ-organ Federal. Dalam hal terdapat beberapa bidang yang memiliki yuridiksi
yang sama antara pemerintahan negara bagian dengan pemerintah federal, maka
hukum federal lah yang dianggap lebih penting dari hukum negara bagian.
Sistem hukum negara-negara bagian sepenuhnya
dibangun di atas tradisi hukum common law yang saling berhubungan dengan sangat
erat, kecuali negara bagian Louisiana yang masih memperlihatkan jejak hukum
peninggalan hukum Prancis seperti Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tahun 1808.
Negara-negara bagian masing-masing mempertahankan dan mengembangkan aturan
hukum dibidang-bidang seperti: hukum kontrak, hukum korporasi, hukum
pidana, hukum keluarga, hukum waris, hukum properti, tort, dan konflik hukum
(hukum perdata internasional). Sedangkan, hukum laut, kepailitan dan hukum
patent diatur dengan aturan-aturan federal.
Meski banyak perbedaan-perbedaan hukum diantara
negara-negara bagian, hukum negara federal berlaku di semua negara bagian
dan teritori, persamaan-persamaan itulah yang memungkinkan adanya “hukum
Amerika”. Oleh para Lawyer/Pengacara yang cerdas perbedaan-perbedaan bisa
dimanfaatkan untuk mencari pengadilan-pengadilan yang dapat menerima
kasus-kasus yang ditangani atau memilih negara-negara bagian yang legislasinya
lebih menguntungkan kliennya. Misalnya, dalam hal hukum korporasi, maka negara
bagian Delaware banyak dipilih untuk mencatatkan perusahaan-perusahaan oleh
pengusaha, atau negara bagian Nevada banyak dipilih oleh pasangan-pasangan yang
ingin bercerai dengan cepat. Perbedaan-perbedaan yang signifikan diantara
hukum-hukum di berbagai negara bagian, menjadikan aturan tentang konflik hukum
menjadi sangat penting. Umumnya pengadilan Amerika menggunakan aturan yang sama
untuk memutuskan konfik hukum internasional dan konflik hukum antar negara
bagian, tetapi tentu saja aturan-aturan ini diterapkan dengan selalu mempertimbangkan
pilihan hukum antar negara bagian.
· Pendidikan
Negara
serikat atau federal yang dipilih Amerika Serikat (AS) juga tercermin dari
sistem pendidikannya yang menganut desentralisasi melalui negara-negara bagian
(states).
Penanggung jawab utama semua
urusan pendidikan adalah departemen pendidikan yang berkedudukan di Washington.
Sedang urusan sehari-hari diserahkan penuh pada tiap negara bagian.
Khusus
mengenai pendidikan tinggi, pendidikan tinggi di AS dapat dibedakan menjadi
College dan University. College umumnya dengan beberapa perkecualian- lebih
berfokus menyelenggarakan pendidikan program sarjana (undergraduate), sedangkan
university menyelenggarakan baik sarjana (undergraduate) dan pasca sarjana
(graduate). Di university istilah college menjadi mirip dengan fakultas.
Sebagai contoh, di university akan kita temukan College of Engineering
(Fakultas Teknik) atau College of Economics (Fakultas Ekonomi).
Untuk
program pasca sarjana, tidak semua universitas menawarkan program doktor.
Beberapa diantaranya hanya menawarkan hingga jenjang master, terutama jika
program itu ditujukan untuk mendidik lulusannya sebagai praktisi yang siap di
dunia kerja. Program master ini juga ada 2 macam. Master terminal dan master
berkelanjutan.
Seperti sudah dijelaskan
sebelumnya, master terminal adalah program untuk menyiapkan lulusannya sebagai
praktisi. Setelah selesai pendidikan, dia diharapkan langsung balik ke dunia
kerja. Sedang lulusan master berkelanjutan diperuntukkan bagi yang berkeinginan
meneruskan pendidikannya ke jenjang doktor.
Karena
bagian terbesar warga Amerika berasal dari kaum imigran Eropa, maka sudah tentu
tradisi pendidikan yang berkembang di Amerika adalah tradisi pendidikan
bangsa-bangsa Eropa yang berimigrasi tersebut. Di tempat orang-orang
Jerman berimigrasi, sekolah-sekolahnya diawasi oleh orang-orang gereja pada
pertemuan-pertemuan gereja. Di daerah New Netherland pengawasan dilakukan oleh
petugas-petugas gereja dan dibeberapa tempat oleh kelompok orang tertentu.
Pengawasan terhadap sekolah-sekolah yang dilakukan oleh pribadi-pribadi melalui
pertemuan-pertemuan orang-orang dan petugas gereja yang terus dipertahankan
oleh para imigran itu, menjadi sebab timbulnya tanggung jawab atas
sekolah-sekolah pada akhirnya dipikul oleh masyarakat setempat.
Karakteristik utama
sistem pendidikan di Amerika Serikat adalah sangat menonjolnya desentralisasi.
Pemerintah federal amerika serikat tidak punya mandat untuk mengontrol atau
mengadakan pendidikan untuk masyarakat. Adapun ketentuan dan aturan pemerintah
federal mengenai kelompok-kelompok minoritas rasial dan orang-orang cacat.
Pemerintah juga mendukung penelitian pendidikan. Tetapi Amerika Serikat tidak
mempunyai sistem pendidikan yang berpusat. Namun demikian, tidak berarti bahwa
pemerintah federal tidak memberikan arah dan pengaruh terhadap masalah
pendidikan pemerintah federal juga ikut menghilangkan sistem sekolah yang
memisahkan sekolah berdasarkan ras, khususnya antara orang kulit hitan dan
kulit putih. Pemerintah federal menyamakan alokasi pendanaan sekolah,
menyediakan akses pendidikan bagi orang miskin dan orang cacat.
Tujuan
sistem pendidikan di Amerika antara lain :
1.
untuk
mencapai kesatuan dalam kebhinekaan
2.
untuk
mengembangkan cita-cita dan praktek demokrasi
3.
untuk
membantu pengembangan individu
4.
untuk
memperbaiki kondisi sosial masyarakat
5.
untuk
mempercepat kemajuan nasional
Setiap negara bagian
menyediakan pendidikan secara gratis selama 12 tahun mulai dari taman
kanak-kanak sampai pada jenjang berikutnya. Dalam sistem pendidikan di Amerika
Serikat terdapat beberapa pola pendidikan yaitu :
1.
taman
kanak-kanak + pendidikan dasar ”grade” 1-8 + 4 tahun SLTA
2.
taman
kanak-kanak + sekolah dasar ”grade” 1-6 tahun + 3 tahun SLTP + 3 tahun SLTA
3.
taman
kanak-kanak + sekolah dasar ”grade” 1-4/5 + 4 tahun SLTP + 4 tahun SLTA
4.
setelah
menyelesaikan pendidikan tingkat taman kanak-kanak + 12 tahun pada beberapa
buah negara bagian dilanjutkan 2 tahun pada tingkat akademi (junior community
college) sebagai bagian dari sistem pendidikan dasar dan menengah
Pada pola pertama
seorang siswa menamatkan pendidikan pada umur 17- 18 tahun. Pendidikan khusus
mendapat perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Disamping itu pendidikan non
formal tidak hanya di sponsori oleh badan pemerintah tapi juga badan swasta,
serikat buruh-buruh, badan-badan keagamaan serta oleh individu yang kadang kala
menjadikannya usaha bisnis.
Pada tingkat
pendidikan tinggi, struktur dan jenis/ jenjang pendidikan pada dasarnya
dikelompokkan dalam tiga bentuk baik pendidikan tinggi negeri maupun swasta
yaitu :
1.
pendidikan
tinggi 2 tahun yang lazim disebut junior community atau technical college
memberikan sertifikat dan kadang kala memberikan gelar Associate of Arts (AA)
2.
pendidikan
tinggi 4 tahun yang menyediakan pendidikan strata 1 (S-1) disamping pendidikan
profesional (program diploma) level ini lazim disebut undergraduate
tamatan program S-1 diberi gelar Bachelor of Arts (BA) atau Bachelor
of Science (BS)
3.
universitas
yang biasanya terdiri dari berbagai fakultas yang menyediakan program-program
diploma, S-1, pascasarjana S-2 (master) dan kebanyakan menyediakan program
doktor S-3. para lulusan program s-2 diberi gelar Master of Arts (MA)
atau Master of Science (MS). Lulusan program Doctor (S-3) diberi
gelar Doctor of Philosphy (Ph.d) atau Doctor of Education (Ed.D)
dalam bidang-bidang tertentu seperti kedokteran, hukum, teologi, bisnis. Pada
level S-3 tersedia program-program spesialis.
Sumber keuangan pendidikan
khususnya pendidikan dasar dan menengah berasal dari daerah kabupaten dan
sumber-sumber lokal lainnya yang sebagian besar berasal dari pajak negara
bagian. Anggaran pemerintah federal untuk perguruan tinggi juga meningkat
terutama pendidikan kejuruan teknik dan pendidikan bagi orang yang kembali ke
kampus untuk belajar. Pada
umumnya, beban biaya pendidikan bagi mahasiswa negeri lebih berat dibanding beban biaya untuk
mahasiswa swasta.
· Kesehatan
Biaya
kesehatan adalah besarnya dana yang harus disediakan untuk menyelenggarakan dan
atau memanfaatkan berbagai upaya kesehatan yang diperlukan oleh perorangan,
keluarga, kelompok dan masyarakat (Azrul A, 1996).
Di Amerika
Serikat sebagian besar pelayanan kesehatan dikelola oleh pihak swasta. Biro Sensus AS (The
US Censuss Beureau) mencatat bahwa pada tahun 2009 masih terdapat 50,7 juta
penduduk atau sekitar 16,7% masyarakat AS yang tidak tersentuh oleh program
asuransi. Sebagian besar dari mereka adalah masyarakat kalangan menengah ke
bawah yang tidak diperhatikan oleh perusahaan asuransi karena dianggap kurang
menguntungkan perusahaan, sehingga banyak perusahaan yang bangkrut karena
pembiayaan kesehatan sangat mahal maka banyak rakyat AS yang menuntut
diadakannya reformasi dalam hal kesehatan. Pemerintah AS harus memegang kendali
atas masalah kesehatan dan asuransi. Hal tersebut didasari pada kebutuhan dasar
mayarakat AS akan perawatan, akses, keadilan, efisiensi, biaya, pilihan, nilai
dan kualitas kesehatan yang lebih baik. Kuatnya desakan berbagai pihak terkait
pentingnya jaminan kesehatan bagi setiap warga AS akhirnya mendorong Pemerintah
AS membuat sebuah terobosan baru terkait kebijakan di bidang kesehatan.
Kebijakan tersebut bernama Patient Protection Avordable Care Act (PPACC),
sebuah peraturan terkait perlindungan terhadap pasien atas biaya kesehatan yang
terjangkau. Peraturan ini berhasil dibuat pada tanggal 23 Maret 2010. Kebijakan
ini akhirnya menjadi titik tolak bagi perkembangan kesehatan di AS dalam rangka
menyejahterakan rakyatnya. Peraturan tersebut menjadi dasar hukum atas
penyelenggaraan perawatan dan biaya kesehatan yang lebih terjangkau bagi setiap
warga negara AS.
Sebuah
artikel yang ditulis oleh Kartono Mohammad (2010), menjelaskan bahwa sistem
pembiayaan kesehatan di negara Amerika Serikat mengalami reformasi kesehatan
yang diajukan oleh Presiden Obama untuk memberikan perlindungan bagi seluruh
rakyat amerika. Pembedanya adalah usulan Obama
ini tidak akan mengurangi pendapatan para dokter dan dirancang akan mengurangi
defisit anggaran negara sebesar 132 miliar dollar AS setahun dalam sepuluh
tahun mendatang, tetapi pada awalnya akan menyedot anggaran sebesar 871 miliar
dollar AS yang akan diperoleh dengan menaikkan pajak asuransi bagi premi
asuransi yang tinggi (di atas 8.500 dollar AS per orang per tahun).
Anggaran kesehatan di AS sudah terlalu tinggi, hampir mencapai 19 persen
dari GDP (Gross Domestic Product), dan diperkirakan akan terus
meningkat, yang membuat makin banyak rakyat AS tak akan mampu membayar
biaya pengobatan ketika sakit. Sistem pembiayaan masih berbasis fee for service
yang memang cenderung akan makin mahal.
Sistem
pelayanan kesehatan di Amerika Serikat diasumsikan berorientasi
pasar, dan kurang lebih sepertiga dari pembiayaan kesehatan adalah langsung
dibayar oleh pasien (out of pocket). Sumber dana sisanya berasal dari
organisasi asuransi swasta yang profit, organisasi asuransi not for
profit seperti Blue Cross dan Blue Shield serta
Health Maintenance Organization (HMO). HMO merupakan praktek
kelompok pelayanan kesehatan yang dibayar di muka (pre-paid) berdasarkan
kapitasi dan pelayanan kesehatan yang diberikan bersifat komprehensif.
Pada
pertengahan 1960-an diperkenalkan Medicare dan Medicaid.
Medicare merupakan suatu asuransi sosial bagi usia lanjut dan dijalankan
oleh pemerintah federal, sedangkan medicaid yang dijalankan
oleh pemerintah federal dan negara bagian merupakan sistem asuransi bagi
masyarakat miskin. Ditinjau dari cakupan peserta asuransi, Amerika kurang
berhasil karena masih 1/3 dari jumlah penduduk tidak terlindungi asuransi
kesehatan. Selain itu kualitas pelayanan tampak berbeda antara sektor
swasta dengan sektor pemerintah.
Tingginya
biaya kesehatan di AS ternyata telah berdampak pada kondisi Produk Domestik
Bruto (PDB). Warga AS mengeluarkan biaya untuk kesehatan sebesar 16% dari total
PDB. Angka ini tergolong sangat tinggi dan menempati peringkat dua di dunia
setelah Timor Leste dalam hal penggunaan PDB untuk kesehatan. Departemen
Pelayanan Kesehatan dan Kemanusiaan (The Health and Human Service
Department) mengatakan bahwa jika masalah kesehatan ini tidak segera
diatasi, maka angka penggunaan PDB tersebut akan terus menanjak hingga 19,5%
pada tahun 2017. Berikut ini adalah presentase alokasi penggunaan biaya
kesehatan di AS:
1. 31% untuk biaya perawatan di rumah sakit
2. 21%
untuk biaya periksa ke dokter/layanan klinis
3. 10%
untuk biaya pembelian obat-obatan
4. 7% untuk biaya administrasi terkait
kesehatan
5. 7% untuk investasi kesehatan
6. 6% untuk perawatan di panti jompo
7. 6% untuk biaya pengobata profesional
8. 4% untuk perawatan kesehatan gigi
9. 3% untuk pembelian produk kesehatan
10. 3% untuk pajak kesehatan.
Reformasi Layanan Kesehatan
Dalam UU Kesehatan
tersebut, Amerika Serikat telah mengakui prinsip dasar bahwa setiap orang harus
memiliki perlindungan mendasar dalam layanan kesehatan. Berdasarkan UU tersebut
maka dalam tahun ini sektor layanan kesehatan di AS akan mengalami berbagai
perubahan, antara lain:
a. warga Amerika yang belum memiliki asuransi dan telah memiliki
penyakit sebeiumnya (pre-existing conditions ) akan memperoleh asuransi
kesehatan melalui bantuan subsidi sementara yang disediakan pemerintah,
b. perusahaan asuransi dilarang memutuskan pertanggungan ketika
pengguna asuransi kesehatan terkena penyakit,
c. perusahaan asuransi dilarang memberlakukan batasan maksimal
nilai pertanggungan seumur hidup bagi pengguna asuransi kesehatan tertentu,
d. seorang anak dibenarkan untuk ikut dalam asuransi kesehatan
orang tuanya sampai dia mencapai umur 26 tahun,
e. setiap pertanggungan baru wajib meng-cover layanan pencegahan
(preventive cares dan perawatan kebugaran ( wellness care ) dan
f. seorang pengguna asuransi dapat mengajukan banding kepada
satu badan yang independen berkenaan dengan sengketa yang dihadapinya dengan
perusahaan asuransi.
Selain itu, dalam UU tersebut juga ditetapkan bahwa
terhitung sejak tanggal 1 Januari 2011 diatur hal-hal sebagai berikut :
a. Pemerintah mulai memberikan subsidi bagi perusahaan - perusahaan kecil
untuk membiayai asuransi kesehatan karyawannya;
b. Perusahaan-perusahaan asuransi wajib menggunakan 80-85 % dari premium
kesehatan yang diterimanya untuk layanan kesehatan. Perusahaan asuransi yang
tidak memenuhi thresholds ini akan diwajibkan untuk rnemberikan pengembalian
biaya (rebates ) kepada para pemegang polis dan
c. Perusahaan-perusahaan asuransi wajib menjelaskan kenaikan premium asuransi
kesehatan. Perusahaan asuransi yang menaikkan premium yang berlebihan dapat
dikenakan sanksi dikeluarkan dari bursa asuransi kesehatan yang dikelola
pemerintah.
Kelebihan :
1. Masyarakat
yang miskin dan masyarakat usia lanjut dapat memanfaatkan fasilitas pembiayaan
kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.
2. Masyarakat
memiliki kebebasan memilih untuk menggunakan asuransi sesuai dengan kebutuhan
dirinya.
Kelemahannya :
1. Pemerintah
kurang mampu mengatur masalah asuransi sehingga menyebabkan banyak warga
Amerika Serikat yang menggunakan asuransi dibebani oleh biaya yang tinggi.
2. Minimnya
akses masyarakat terutama untuk kalangan menengah ke bawah dalam memperoleh
pelayanan kesehatan terutama untuk program asuransi.
3. Masyarakat
cenderung lebih memilih pelayanan kesehatan di luar negeri karena biaya
kesehatan yang sangat mahal, sehingga berdampak negatif pada kondisi keuangan
Amerika.
4. Merosot
jumlah pengusaha di Amerika yang disebabkan karena mereka tidak mampu untuk
untuk memenuhi standar kesehatan dirinya, perusahaan dan para pekerja
·
Perekonomian
Amerika Serikat memiliki tanah
yang subur, hutan yang luas, dan mineral yang melimpah. Bagian tengah negara
ini memiliki beberapa tanah pertanian terbaik di dunia. Batubara ditambang di
setengah wilayah dari 50 negara bagian. Amerika Serikat juga merupakan produsen
utama minyak bumi, gas alam, bijih besi, dan mineral lainnya.
·
Pariwisata
Amerika
Serikat secara luas dikenal sebagai Liberty, selama beberapa abad terakhir,
orang-orang dari seluruh dunia telah datang ke AS, di tarik oleh kemakmuran
bangsa dan demokrasi, mencari cara hidup yang lebih baik. Akibatnya,bangsa
besar ini juga merupakan tanah tanah keragaman berbagai budaya, masakan, politik dan agama. Berikut gambaran beberapa
tempat wisata AS.
Ada 10 tempat pariwisata terkenal yang sering di
kunjungi di Amerika Serikat :
1.
New York
Tempat wisata di Amerika Serikat ini, adalah Kota terbesar dan terpadat di Amerika Serikat.
Kota New York sering juga disebut "kota yang tidak pernah tidur"
karena selalu berdengung dengan berbagai aktivitas penduduknya .Kota ini
Terkenal di dunia karena gedung pencakar langit dan berbagai atraksi
wisata terkenalnya.
2. Las Vegas
Tempat
Wisata di Amerika Serikat ini berlokasi dari padang pasir di tenggara Nevada.
Las Vegas adalah kota dunia utama AS yang terkenal akan kasino nya, hotel
mewah, pertunjukan komedi, produksi musik dan aktivitas belanja. Las Vegas
menawarkan lebih banyak atraksi wisata untuk memenuhi kepuasan orang dari
segala usia dan minat.
3.
Los
Angeles
Tempat
Wisata di Amerika Serikat ini merupakan Kota terbesar kedua di Amerika Serikat.
Los Angeles terletak di California selatan dikelilingi oleh Pantai Pasifik,
pegunungan dan lembah. Sering dianggap sebagai "Ibukota Dunia Hiburan
", kota ini merupakan pusat terkemuka dunia untuk film-film, produksi
televisi dan rekaman musik. Los Angeles adalah kota kosmopolitan besar terdiri
dari banyak kabupaten dan lingkungan etnis.
4.
Washington
DC
Washington
DC merupakan ibu kota dan pusat kursi dari pemerintah federal Amerika Serikat.Washington
juga dikenal luas karena memiliki banyak lambang ikonik seperti Gedung Putih,
Capitol Building, Washington Monument dan Lincoln Memorial. Monumen-monumen ini
semua terletak di dalam taman-taman indah yang dikenal sebagai National Mall.
5.
Miami
Tempat
wisata di Amerika Serikat ini adalah salah satu kota yang paling
keren di AS, Miami juga terkenal karena memiliki pantai yang cerah, budaya
Latin dan kehidupan malam yang sangat mempesona.Di seberang Teluk dari Miami di
sebuah pulau penghalang Pantai Miami, terdapat juga tempat wisata yang dikenal
dengan arsitektur Art Deco dan glamor South Beach.
6.
Atlanta
Tempat
wisata di Amerika Serikat ini adalah ibukota dan kota terbesar di Georgia.
Atlanta adalah kota modern dengan tiga tingkat pemandangan perkotaan yang indah
dari bukit-bukit, hutan pinus, pohon ek tua yang megah dan magnolia menawan
serta pohon persik. Atraksi utama kota ini adalah pusat CNN, World of Coca-Cola
dan Aquarium Georgia, yang memiliki akuarium indoor terbesar di dunia.
7. San Diego
Dengan pantai yang luar biasa,
iklim yang ideal, status-kejahatan yang rendah dan atraksi wisata keluarga yang
luar biasa, maka tidak mengherankan jika San Diego adalah tujuan tempat wisata
di Amerika Serikat yang sangat populer. Atraksi yang paling populer di San
Diego adalah SeaWorld dan kebun binatang Amerika, yang terletak di Balboa Park.
8. Air Terjun Niagara
Terletak di antara negara bagian
New York dan provinsi Ontario, Niagara Falls adalah salah satu keajaiban alam
yang paling spektakuler di benua Amerika Utara. Air Terjun Niagara sebenarnya
memiliki tiga air terjun jatuh yang berbeda, American Falls, Bridal Veil Falls
dan Horseshoe Falls. Horseshoe Falls terletak di sisi Kanada sementara yang
lain berada di New York.
9. Yellowstone
Yellowstone adalah taman nasional
pertama di dunia, yang di bentuk pada tahun 1872 untuk melestarikan sejumlah
besar geyser dan sumber air panas, serta untuk melindungi satwa liar yang luar
biasa dan keindahan kasar dari daerah tersebut. Geyser paling terkenal di
tempat wisata di Amerika Serikat itu adalah Old Faithful Geyser yang meletus
setiap 91 menit. Yellowstone juga rumah bagi salah satu habitat satwa liar
terbaik di Amerika Utara.
10. Grand Canyon
Terletak
di Arizona utara, Grand Canyon merupakan keajaiban alam dengan berbagai ukiran
batu yang terbentuk oleh Sungai Colorado selama beberapa juta tahun.Grand
Canyon bukanlah ngarai yang terdalam atau terpanjang di dunia, tetapi ukurannya
yang luar biasa dan lanskap warna-warni menawarkan pemandangan.
·
Ideologi
Suatu ideologi yang dipakai di Amerika Serikat
adalah Democratic Capitalism yang
berakar dari Liberal Classic. Democratic Capitalism disini merupakan sistem
dalam pemerintahan yang mengutamakan hak-hak individual terutama HAM sebagai
basis dari penyelenggaraan politik pemerintahan Amerika Serikat. Kaum kapital
di Amerika Serikat mempunyai misi untuk mengabdi pada proses demokrasi
tersebut.
Nilai- nilai yang memaksa Bangsa Amerika Serikat
untuk merealisasikan dalam kehidupan bersama secara sederhana diistilahkan
dengan kapitalisme demokrasi. Secara sederhana ideologi ini mengandung
pengertian bahwa kapitalisme bangsa AS memiliki misi untuk mengabdi pada nilai-
nilai demokrasi. Dan konon yang membedakan kapitalisme AS dengan kapitalisme
lain adalah pengabdiannya pada demokrasi tersebut.
C. Negara Prancis
·
Letak dan Luas
Prancis
merupakan negara terluas di Eropa dengan luas 547.029 km2.
Batas-batas wilayah
negara Prancis:
Sebelah Utara : Selat Inggris
Sebelah Selatan : Laut Tengah dan Spanyol
Sebelah Barat : Teluk Biscaye
· Penduduk
Jumlah penduduk negara Prancis
tahun 2003 mencapai 59,3 juta, dengan pertumbuhan penduduk 0,4% per tahun.
Penduduknya sebagian besar tinggal di perkotaan (74 %).Kota-kota yang sangat
padat di antaranya Paris, Lyon, Merseille, Bordeaux, di tepi Laut Tengah.Jumlah
penduduknya mencapai 65.447.374 (2010) Kepadatan penduduknya mencapai 105 tiap
km2.
·
Bentuk
Pemerintahan
Negara Prancis saat ini (terkenal dengan istilah Republik Kelima)
merupakan sebuah negara Republik dan berbentuk negara kesatuan.Prancis menganut
sistem pemerintahan semi presidensiil. Hal tersebut dikarenakan dalam menjalankan roda pemerintahan, Presiden
sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dibantu oleh seorang Perdana
Menteri. Hal ini berbeda dengan sistem pemerintahan yang presidensiil secara
murni dimana Presiden hanya menjalankan pemerintahan seorang diri dengan hanya
dibantu kabinet.
Untuk urusan legislative, Prancis menggunakan sistem parlemen 2 pintu
(bikameral) yang terdiri dari National Assembly (sidang Nasional) dan
Senat Tidak Berpendapat (Perliament Sovereignity). Di Prancis, parlemen
dapat membubarkan kabinet sehingga pihak mayoritas menjadi penentu pilihan
pemerintah. Walaupun demikian, Presiden tidak dipilih oleh parlemen tetapi
dipilih secara electoral college yang terdiri dari wakil-wakil daerah /
kota.
Dalam menjalankan sistem pemerintahan di prancis, kabinet yang
anggotanya terdiri dari dewan-dewan menteri berada dibawah kepemimpinan Perdana
Menteri. Sedangkan Presiden bersama dengan Sidang Nasional dan Parliement
Sovereignity akan mengangkat Dewan
Konstitusi. Dewan Konstitusi ini anggotanya terdiri dari 9 orang yang tugas
utamanya adalah mengawasi ketertiban dalam proses pemilihan presiden dan
parlemen serta mengawasi pelaksanaan referendum.
Konstitusi yang dianut oleh Negara Prancis adalah konstitusi tertulis.
Namun bila dibandingkan dengan negara-negara yang lain, konstitusi Prancis ini
lebih regid (lebih kaku). Terjadi pemisahan kekuasaan yang jelas antara
legislatif yang ada di tangan parlemen, Eksekutif di tangan Presiden, dan
Yudisial di tangan badan kehakiman. Mengenai Badan Kehakiman, para hakim ini
diangkat oleh eksekutif dan terbagi menjadi dua. Yaitu Peradilan Kasasi (Court
of Casation) dan Peradilan Hukum Administrasi.Dalam perkara-perkara yang
rumit dan berat, penanganannya akan dilakukan oleh Tribunal des Conflits.
Republik Prancis adalah sebuah republik semi-presidensial uniter dengan
tradisi demokratis yang kuat.Konstitusi Republik Kelima disetujui melalui
referendum tanggal 28 September 1958.Sehingga memperkuat kewenangan eksekutif
dengan parlemen. Cabang eksekutif itu sendiri memiliki dua pemimpin: Presiden
Republik, yang merupakan Kepala Negara dan dipilih langsung oleh hak pilih
universal orang dewasa untuk jabatan selama 5 tahun (sebelumnya 7 tahun), dan
Pemerintah, dipimpin oleh Perdana Menteri yang ditunjuk presiden.
Parlemen Prancis adalah sebuah badan legislatif bikameral yang terdiri
dari Majelis Nasional (Assemblée Nationale) dan Senat.Deputi Majelis Nasional
mewakili konstituensi lokal dan terpilih langsung selama 5 tahun.Majelis
memiliki kekuasaan untuk membubarkan kabinet, dan mayoritas anggota Majelis
menetapkan pilihan pemerintah. Senator dipilih oleh dewan pemilih untuk jabatan
6 tahun (sebenarnya 9 tahun), dan setengah kursi dimasukkan dalam pemilihan
setiap 3 tahun yang dimulai pada September 2008. Kekuasaan legislatif Senat
terbatas; dalam penentangan antara kedua pihak, Majelis Nasional memiliki
perkataan terakhir, kecuali untuk hukum konstitusional dan lois organiques
(hukum yang disediakan langsung oleh konstitusi) dalam beberapa hal. Pemerintah
memiliki pengaruh kuat dalam pembentukan agenda Parlemen.
·
Sistem Pemerintahan
Sistem Pemerintahan Negara ini menganut sistem pemerintahan semi
presidensial dengan tradisi demokrasi yang kuat. Dalam cabang eksekutif
terdapat dua pemimpin, yakni dikepalai oleh Presiden yang dipilih dalam pemilu
untuk masa jabatan 5 tahun, dan Perdana Menteri yang ditunjuk oleh presiden,
dan Perdana Menteri juga memimpin Dewan Menteri atau Kabinet.
Badan Legislatif atau Parlemen Prancis adalah sebuah badan Bikameral,
yang terdiri atas Assemblee Nationale dan Senat.Assemblee Nationale,
yang mewakili konstituensi lokal dan dipilih langsung untuk masa jabat 5 tahun,
memiliki kekuatan untuk membubarkan kabinet sehingga pihak mayoritas menjadi
penentu pilihan pemerintah. Assemblee Nationale berjumlah 107 orang, dan
anggota Senat berjumlah 48 orang. Senator dipilih secara tidak langsung untuk
masa jabat 6 tahun dan pemilihannya dibagi menjadi dua, dan hal ini dilakukan
setiap tiga tahun dimulai pada tahun 2008.
·
Sistem politik
Politik Prancis ditandai oleh dua pengelompokkan yang saling menentang
secara politik: pertama sayap kiri, dipusatkan di sekitar Partai Sosialis
Prancis, dan lainnya sayap kanan, sebelumnya dipusatkan pada Rassemblement pour
la République (RPR) dan sekarang Persatuan untuk Gerakan Rakyat (UMP). Cabang
eksekutif kebanyakan terdiri dari anggota UMP.
Majelis Nasional Prancis
Prancis(Assemblée nationale) adalah majelis rendah Parlemen
Prancis bicameral di bawah Republik Kelima. Yang lainnya adalah Senat (“Sénat”).
Pada tanggal28 Mei1789, Romo Sieyès memindahkan Estate Ketiga itu, kini bertemu
sebagai Communes ("MajelisPerwakilan Rendah"), memulai
pembuktian kekuasaannya sendiri dan mengundang 2 estate lainnya untuk mengambil
bagian, namun bukan untuk menunggu mereka.
Parlemen Prancis
Parlement français adalah
cabang legislatif dan deliberatif
(parlemen Pemerintah Prancis). Sistem parlementer di Prancis adalah bikameral,
dan Parlemen terdiri dari "Majelis Tinggi”(chambre haute),
merupakan Senat Prancis (Sénat) "Majelis Rendah" (chambre basse),
merupakan Majelis Nasional Prancis (Assemblée nationale) tempat berbeda
yaitu Palais du Luxemboruguntuk Senat danPalais Bourbon untuk Majelis Nasional.
Republik Prancis ke-V (1958-sekarang)
Berdasarkan atau bercermin pada kegagalan sistem parlementer Republik
Prancis ke-IV karena badan eksekutifnya terlalu banyak didominasi oleh badan
legislatif, maka presiden de Gaulle dalam tahun 1958 berhasil memprakarsai
suatu Undang-Undang Dasar baru yang memperkuat kedudukan badan eksekutif, baik
presiden maupun kabinetnya. Dengan demikian sistem ini lebih menjurus pada
sistem presidensiil.
Kedudukan presiden diperkuat karena dia tidak lagi dipilih oleh anggota
badan legislatif, sebagaimana Republik Prancis ke-IV, akan tetapi oleh suatu
majelis pemilihan yang terdiri dari 80.000 orang. Dan mulai tahun 1962 langsung
dipilih oleh semua rakyat yang berhak memilih.Lagi pula, masa jabatan presiden
menjadi tujuh tahun.Juga kekuasaan untuk bertindak dalam masa darurat
diperkuat. Dimana presiden boleh mengambil tindakan apa saja yang dianggap
perlu untuk mengatasi krisis itu. Akan tetapi badan legislatif tidak boleh
dibubarkan dan harus terus bersidang dalam masa darurat sekalipun.
Jika timbul pertentangan antara kabinet dengan badan legislatif,
presiden boleh membubarkan badan legislatif.Undang-Undang yang telah diterima
oleh badan legislatif yang tidak disetujui oleh presiden dapat diajukan olehnya
langsung pada rakyat supaya bisa diputuskan dalam suatu referendum.Atau dapat
diminta pertimbangan dari majelis konstitusionil.Badan ini memiliki wewenang
untuk menyatakan suatu Undang-Undang tidak sesuai dengan Undang-Undang Dasar.
Juga penerimaan mosi dan interpelasi dipersukar, misalnya: sebelum sebuah mosi
boleh diajukan dalam siding badan legislatif, harus didukung oleh 10% dari
jumlah anggota badan itu. Sampai sekarang, sistem ini menunjukkan cukup
keseimbangan antara badan eksekutif dan badan legislatif.Sehingga dipandang dan
dianggap lebih menjurus pada sistem presidensiil.
·
Sistem Hukum
Prancis menggunakan sebuah sistem hukum sipil; yang berarti, hukum
berasal terutama dari peraturan tertulis; hakim tidak membuat hukum, tapi
mengartikannya (meskipun jumlah penerjemahan hakim dalam beberapa hal
menjadikannya sama dengan hukum kasus). Prinsip dasar peraturan hukum tercantum
dalam Kode Napoleon. Dalam perjanjian dengan prinsip Deklarasi Hak Asasi
Manusia dan Warga Negara hukum seharusnya hanya melarang
aksi yang merugikan masyarakat. Seperti Guy Canivet, presiden pertama Mahkamah
Kasasi, menulis mengenai pengelolaan penjara: Kebebasan adalah peraturan,
dan larangannya adalan pengecualian; larangan kebebasan apapun harus dibuat
oleh Hukum dan harus mengikuti prinsip kewajiban dan perbandingan.
Hukum Prancis terbagi menjadi dua bagian utama: hukum pribadi dan hukum
umum. Hukum pribadi meliputi, biasanya, hukum sipil dan hukum kriminal.Hukum
umum meliputi, hukum administratif dan hukum konstitusional. Tetapi, dalam
praktik, hukum Prancis terdiri dari tiga bagian utama: hukum sipil; hukum
kriminal dan hukum administratif.
Prancis tidak mengakui hukum agama, ataupun pengakuan keyakinan religius
atau moralitas sebagai motivasi untuk penetapan larangan. Sebagai
konsekuensi, Prancis tidak lagi memiliki hukum pengumpatan atau hukum sodomi
(terakhir dihapus tahun 1791). Tetapi "serangan terhadap kesusilaan umum"
(contraires aux bonnes mœurs) atau perusak perdamaian (trouble à l'ordre
public) telah digunakan untuk menekan kembali ekspresi publik atas homoseksualitas
atau prostitusi jalanan.
Hukum hanya dapat digunakan pada masa depan dan bukan masa lalu (hukum ex
post facto dilarang) dan harus dilaksanakan, hukum harus secara resmi
diterbitkan dalam Journal Officiel de la République Française.
· Pendidikan
Sistem Pendidikanbersifat progresif, yaitu bantuan beasiswa diberikan hanya
kepada keluarga berpenghasilan rendah; sebagian bantuan bersifat regresif, yaitu
berupa keringanan/pemotongan pajak (tax reduction).Akibat sistem ini
hanya keluarga yang sangat miskin dan yang sangat kaya saja yang menikmati
bantuan pemerintah. Dalam sistem progresif, keluarga miskin tentu tidak membayar
pajak, sehingga bantuan beasiswa untuk anak-anak mereka sangat
meringankan beban biaya pendidikan. Sebaliknya, keluarga
yang seharusnya membayar pajak tinggi, ternyata mendapat
pemotongan pajak. Bantuan pemerintah berupa beasiswa.
DiPerancis,
guru dikelompokkan menjadi empat, yaitu : guru sekolah (SD dan taman kanak-kanak),
guru SLA umum, guru sekolah kejuruan teknik, guru sekolah kejuruan
profesional, guru olah raga dan guru agregasi (professeur agrasgas).
Guru agregasi adalah mereka yang mengajar
di kelas persiapan masuk ke Sekolah Tinggi (Grande Ecole).
Syarat untuk mengikuti seleksi guru sekolah, guru SLP umum,
SLA umum dan guru kejuruan tehnik adalah lulusan sarjana muda (lisence)
atau sederajat (di Perancis umum disebut lulusan SLA ditambah 3 tahun);
untuk menjadi guru sekolah lanjutan profesional, minimal lulusan sarjana muda,
insinyur, atau mereka yang memiliki pengalaman kerja profesional selama 5
sampai 8 tahun; untuk menjadi guru olah raga, lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan
Olah Raga atau yang setara dengan itu; sedangkan untuk mengikuti seleksi
menjadi guru agregasi para calon sekurang-kurangnya harus memiliki ijazah
maartrise (sarjana) atau yang setara dengan
itu. Tidak ada pembatasan umur untuk
mengikuti seleksi menjadi guru, kecuali bagi mereka yang sudah pensiun. Materi
pendidikan selama satu tahun di IUFM, disesuaikan dengan sertifikat yang akan
diambilnya. Untuk menjadi guru taman kanak-kanak atau sekolah dasar, seseorang
harus mengikuti pendidikan untuk mendapat sertificat dan aptitude
auprofassorat de lanseignement de
(CAPE); untuk menjadi guru di SLP dan SLA umum harus mengikuti
pendidikan untuk mendapat cerrtificat dan aptitude auprofassorat
delensaignement dusecond dagrap (CAPES), untuk mengajar dibidang pendidikan tehnik,
harus mengikuti program pendidikan untuk mendapat certificat dan aptitude
auprofassorat untuk mengajar di Sekolah Menengah Profesional harus
memiliki cerrtificat aptitude auprofassorat delycaeprofessionnel (CAPLP);
dan untuk menjadi guru olah raga harus memiliki cartificat aptitude au
profassorat deladucation physique et sportive (CAPEPS). Adanya
beberapa sertifikat ini menunjukkan bahwa sertifikat guru, tidak berlaku umum
untuk semua jenjang pendidikan dan semua bidang ilmu. Di Perancis, guru taman kanak kanak dan SD mengajar semua bidang ilmu
(polivalent). Materi yang diajarkannya adalah
bahasa prancis, matematik, sain dan teknologi, sejarah dan ilmu
bumi, seni, olah raga dan bahasa asing.Sedangkan guru di sekolah lanjutan,baik
umum, tehnik maupun profesional bersifat spesialis.
·
Kesehatan
Sistem Pelayanan Kesehatan di
Perancis Sistem perawatan kesehatan Perancis menempati peringkat pertama di
dunia oleh World Health Organisation tahun 1997. Dibebaskan dari biaya untuk
orang yang mengalami penyakit kronis (Affections de longues durées) seperti
kanker, AIDS atau Cystic Fibrosis. Harapan hidup rata-rata setelah kelahiran
adalah 79.73 tahun. Tahun 2003, terdapat sekitar 120.000 orang di Perancis yang
hidup dengan AIDS Perancis, sebagaimana negara UE lainnya, berada dalam
pengarahan UE untuk mengurangi limbah bawah tanah di wilayah sensitif. Tahun
2006, Perancis baru 40% melaksanakan pengarahan ini, menempatkannya sebagai
salah satu negara dengan jumlah limbah terendah di dalam UE karena memenuhi
standar pengolahan limbah.
Kematian Chantal Sébire
membangkitkan kembali debat terhadap eutanasia di Perancis. Dilaporkan pada
tanggal 21 Maret 2008. (Wikipedia) Pada tahun 2000, WHO memberikan peringkat
pertama pada Perancis dalam hal memberikan perawatan kesehatan yang terbaik
secara keseluruhan kepada warga negaranya. Warga negara Prancis menikmati
perawatan kesehatan universal yang didanai oleh pemerintah melalui pajak
penghasilan. Sekitar 75% dari biaya kesehatan ditanggung oleh pemerintah.
Selain itu, ada fasilitas perawatan swasta yang memungkinkan warga untuk
menerima prosedur bedah dengan biaya tambahan. Fasilitas ini adalah opsional
dan dimaksudkan untuk mereka yang memiliki uang. Harga yang ditetapkan oleh
dokter swasta sudah ditetapkan pemerintah. Secara keseluruhan ada 3,37 dokter
per 1000 orang. Sistem pelayanan kesehatan yang lengkap dengan akses yang mudah
merupakan salah satu persyaratan tak tertulis bagi sebuah negara maju, dan
pemberian asuransi kesehatan (askes) juga merupakan bagian dari sistem
pelayanan kesehatan yang baik dan modern. Dan negara-negara berkembang banyak
mencontoh baik seluruh maupun hanya sebagian dari sistem pelayanan kesehatan
disuatu negara maju. Misalnya, di negara dunia ketiga seperti republik kita
Indonesia, telah memiliki pelbagai infrastruktur pelayanan kesehatan yang
tergolong modern untuk sebuah negara berkembang. Rumah sakit yang bagus banyak
tersebar dipenjuru kota. Pelayanan kesehatan berupa akses dan obat-obat generik tak lupa diberikan
sebagai bagian dari pelayanan kesehatan yang baik. Namun sayangnya hanya mereka
yang memiliki akses saja yang bisa menggunakannya. Bicara tentang pelayanan
kesehatan, Indonesia bisa dikatakan mengikuti banyak kebijakan-kebijakan yang
dianut oleh sesama negara demokrasi lainnya. Katakanlah Amerika Serikat, negara
maju dengan sistem pelayanan kesehatan mutakhir yang memiliki banyak sekali
persamaan dalam penerapan kebijakan pelayanan kesehatannya. Misalnya saja,
tidak ada pelayanan kesehatan yang gratis, akses hanya bisa diberikan kepada
mereka yang terdaftar, masalah administrasi harus diselesaikan sebelum pasien
bisa berobat (kecuali gawat darurat), penggelembungan harga obat (baik yang
generik maupun yang nongenerik), kebijakan pemindahan perawatan bagi pasien
yang tidak mampu membayar pengobatan, dan berbagai kebijakan lainnya yang
ternyata tidak berpihak kepada kebanyakan masyarakat Indonesia yang tergolong
tidak mampu (atau kurang mampu). Anehnya, sebagai sesama negara penganut
demokrasi liberal, Perancis sangat bertolak belakang dengan Amerika. Disana
pelayanan kesehatannya sangatlah murah bahkan bila pasien hanya ingin
berkonsultasi dengan dokternya mengenai penyakit apa yang mungkin menimpanya,
mereka tidaklah dipungut biaya sama sekali. Ada pula kebijakan pelayanan
kesehatan selama 24 jam yang memungkinkan seseorang memesan obat dari suatu
resep ke rumah sakit lalu pihak rumah sakit langsung mengirimkan dokternya
beserta perawat dan dua orang petugas rumah sakit untuk mengantarkan pesanan.
Mereka memiliki standar operasional prosedur tentang waktu pengantaran
berbanding dengan jarak pengiriman, sehingga orang yang memesan tidak perlu
menunggu lama, hebatnya lagi, harga yang harus dibayarkan hanya untuk pembelian
obatnya saja! Tidak ada biaya lain yang dikenakan oleh pihak rumah sakit! Di
Perancis, Anda dilindungi, titik. Itu tidak tergantung pada pekerjaan, tidak
tergantung pada organisasi pemeliharaan kesehatan, dan hal itu tidak tergantung
pada apakah Anda mengisi formulir dengan benar. Di bawah peraturan baru
(prosedur konsultasi yang dikoordinasikan [dalam bahasa Prancis, parcours de
soins coordonné]) Dokter umum ( “médecin généraliste” atau “Docteur”) lebih
diharapkan untuk bertindak sebagai “penjaga pintu gerbang” yang merujuk pasien
ke dokter spesialis atau rumah sakit. Dalam hal ini, Indonesia sebagai negara
berkembang yang besar seharusnya bisa melihat bahwa Amerika bukanlah contoh
yang baik bagi pelayanan kesehatan karena sangat banyak kasus-kasus kriminal
dalam bidang kesehatan yang menyangkut dengan hak seorang warga negara untuk tetap sehat
dan mendapatkan pelayanan kesehatan mereka.
·
Perekonomian
Sektor perekonomian penting di
Prancis antara lain: industry dan pertanian
1. Perindustrian
Dalam
bidang industri Perancis terkenal sebagai produsen mobel Citroen, Peugeot,
produsen pesawat tempur Mirage, pesawat penumpang, kereta api, dan produsen
elektronik
2. Pertanian
sektor
pertanian tetap merupakan sektor yang sangat penting, apel, anggur, aprikot dan
persik adalah komoditi utamanya. Perancis dikenal sebagai negara penghasil
anggur terbesar di dunia.
·
Ideologi
Liberalisme.
Orang-orang liberal klasik bertindak berdasarkan
keyakinan bahwa setiap orang berbagi kapasitas untuk berpikir dan menuntut atas
haknya dalam kebebasan berekspresi. Orang-orang liberal berpendapat bahwa
persamaan yang dimiliki oleh setiap manusia seperti kebijakan publik yang harus
didasarkan pada konsep hak-hak asasi dan perlakuan yang adil. Orang-orang
liberal berpendapat bahwa kebijakan publik seharusnya didasarkan pada hak-hak
dasar dan perlakuan yang sama.
· Hubungan Luar Negeri
Perancis adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan menjabat sebagai salah satu
anggota permanen Dewan Keamanan PBB dengan hak veto. Juga anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Sekretariat Komunitas Pasifik (SPC) dan Komisi Samudera Hindia (COI). Negara ini adalah anggota
terkait Asosiasi Negara Karibia (ACS) dan anggota utama Organisasi Francophone Internasional (OIF) dari lima puluh
satu negara penutur bahasa Perancis. Memiliki kantor pusat OECD, UNESCO, Interpol, Alliance Base dan International Bureau for Weights and Measures. Tahun 1953 Perancis
menerima permintaan dari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk membuat lambang yang dapat
mewakilinya secara internasional. Kemudian lambang Perancis digunakan dan
dipakai pada paspor.
Kebijakan luar negeri
Perancis telah dibentuk oleh keanggotaan Uni Eropa, yang merupakan anggota
pendiri. Tahun 1960-an,Perancis berusaha mengeluarkan Britania Raya dari
organisasi itu, karena hanya diperuntukkan benua Eropa. Sejak 1990-an, Perancis
telah membuat hubungan dekat dengan Jerman bersatu untuk menjadi penggerak
paling berpengaruh di UE, tapi menyaingi Britania dan membatasi pengaruh
negara-negara Eropa Timur. Perancis adalah anggota North Atlantic Treaty Organisation, tapi dibawah Presiden
de Gaulle, Perancis mengeluarkan diri dari komando militer bersama untuk
menghindari dominasi kebijakan luar negeri dan keamanannya oleh pengaruh
politik dan militer AS. Pada awal 1990-an, negara ini menerima banyak kritik
dari negera lain untuk ujicoba nuklir bawah tanahnya di Polinesia Perancis. Perancis menentang keras Invasi ke Irak 2003, mengancam hubungan bilateral
dengan AS dan Britania. Perancis mempertahankan pengaruh politik dan ekonomi
yang kuat di bekas koloni Afrikanya dan mengirim bantuan ekonomi dan tentara
untuk misi penjaga perdamaian di Pantai Gading dan Chad.
· Agama
Perancis adalah
sebuah negara sekuler karena kebebasan beragama adalah
hak konstitusional, meskipun beberapa organisasi religius seperti Scientology, Children of God, Unification Church, dan Order of the Solar
Temple dianggap
sebagai pemujaan.
Menurut jajak pendapat Januari 2007 oleh Catholic World News: 51% orang Perancis
beragama Katolik,
31% agnostik
atau ateis. (Jajak pendapat lainnya
memberikan ateis persentase 27%), 10% dari agama lain atau tanpa pendapat,
4% Muslim, 3% Protesan, 1% Yahudi.
Menurut Eurobarometer Poll
terbaru 2005, 34% warga Perancis merespon bahwa "mereka mempercayai adanya
Tuhan", sementara 27% menjawab "mereka percaya terdapat suatu jenis
ruh atau kekuatan hidup" dan 33% menyatakan "mereka tidak percaya
adanya suatu jenis ruh, Tuhan, atau kekuatan hidup". Satu survei lain
menyatakan 32% penduduk di Perancis ateis,
dan 32% lainnya "meragukan adanya Tuhan tapi bukan ateis".
Jumlah komunitas Yahudi di Perancis mencapai 600.000 menurut World Jewish Congress dan merupakan yang terbesar di
Eropa. Perkiraan jumlah Muslim di Perancis selalu bermacam. Menurut sensus
Perancis 1999, terdapat 3.7 juta orang dengan "kemungkinan kepercayaan
Muslim" di Perancis (6.3% dari total populasi). Tahun 2003, Kementerian
Dalam Negeri Perancis memperkirakan jumlah Muslim mencapai 5-6 juta.
Konsep laïcité ada di Perancis dan karena ini,
sejak 1905, pemerintah Perancis secara legal menolak pengakuan agama
apapun (kecuali peraturan seperti ulama
militer dan Alsace-Moselle).
Sementara itu, Perancis mengakui organisasi religius, sesuai kriteria
hukum formal yang tidak menggunakan doktrin keagamaan. Sebaliknya, organisasi
religius harus mengulang dari intervensi dalam pembuatan kebijakan. Ketegangan
sering terjadi mengenai diskriminasi tuduhan terhadap kaum minoritas, khususnya
terhadap Muslim (lihat Islam di Perancis).
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah membahas sistem administrasi negara-negara maju di atas, maka
kami kelompok 1 menarik kesimpulan berupa bentuk-bentuk perbandingan dari 3
negara di atas
·
Negara Inggris
Bentuk Negara : Kesatuan
Bentuk Pemerintahan : Monarki Palementer
Sistem Pemerintahan : Parlementer
- Partai Buruh
: Suprastruktur Politik : 1.
Quin
2. Legislatif : - House Of Commons
- House Of Lord
3. Eksekutif : - Kabinet
-
Privy Concil
4. Yudikatif : -
Badan Peradilan
·
Negara Amerika
Bentuk Negara : Negara Serikat
Bentuk Pemerintahan : Republik Konstituional
Sistem Pemerintahan : Presidensial
Sistem Politik : Insfrastruktur Politik : -
Partai Demokrat
- Partai Republik
:
Suprastruktur Politik :
1. President
2. Conggress : - Senat
-
House Of Representatives
3.
Supreme of Court
·
Negara Prancis
Bentuk Negara : Kesatuan
Bentuk Pemerintahan : Republik
Sistem Pemerintahan : Semi Presidensiil
Sistem Politik : Insfrastruktur Politik :
-
Partai Persatuan untuk Gerakan Rakyat
- Partai Sosialis Prancis
Suprastruktur Politik :
1. Eksekutif : - Presiden
- Perdana
Menteri
2. Legislafif : - Majelis Nasional
- Senat
3. Yudikatif : - Mahkamah Agung :
-
Pengadilan Administratif
-
Pengadilan Umum
DAFTAR PUSTAKA
(rara-zarary.blogspot.com/.../mendeskripsikan-sistem-pemerintahan.html)
No comments:
Post a Comment